Selasa, 23 Agustus 2016


Peranan hukum dalam sistem informasi?
Hukum adalah suatu aturan yang  mengatur tingkah laku atau tindakan manusia dalam masyarakat. Peraturan berisikan perintah dan larangan untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur perilaku manusia agar tidak bersinggungan dan merugikan kepentingan umum.
jadi peran hukum dalam sistem informasi adalah untuk mengatur para penyedia informasi terhadap keaslian data dan etika dalam mengolah informasi.
hukum juga berperan pada pengguna informasi supaya informasi yang di akses tidak merugikan negara maupun individual.dengan adanya hukum,maka,penyedia maupun pengguna informasi tidak semena-mena dalam mengambil ataupun mengolah informasi. Karena jika melanggar hukum dapat melanggar hukum-hukum yang pengatur tentang penyebaran informasi.
Mengapa pentingnya informasi?
Manusia sebagai makhluk sosial tentunya tak bisa luput dari informasi. Informasi sejatinya sangat berguna bagi manusia untuk kelanjutan hidupnya. Karena dengan informasi ia mampu meraih peluang lebih banyak, muncul kesempatan baru yang layak untuk dicoba. Berbicara mengenai informasi itu sendiri, harus kita sadari bahwa informasi terbagi menjadi informasi yang positif (bermanfaat) dan informasi yang negatif (tidak memiliki nilai manfaat). Informasi positif menjadi penting bagi kita untuk mendapatkannya, karena dengan itulah input yang akan masuk ke pikiran kita diharapkan mampu meningkatkan kualitas kehidupan kita sebagai manusia. Namun berbeda halnya dengan informasi yang negatif, harus ada keseriuasan yang berarti bagi kita untuk berupaya mencegahnya.

 Hubungan informasi dengan Hak Asasi Manusia?

Informasi merupakan salah satu hal penting bagi setiap orang serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.
Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang.
Hak atas informasi menjadi sangat penting karena semakin terbukanya penyelenggaraan negara untuk diawasi publik maka penyelenggaraan negara tersebut menjadi semakin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik.

 Pengertian hak terkait dan hak cipta.

Hakt Cipta : Berdasarkan Undang-Undang No. 19 Tahun 2002, pengertian hak cipta adalah hak khusus bagi pencipta maupun penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya maupun memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini menunjukkan bahwa hak cipta itu hanya dapat dimiliki oleh si pencipta atau si penerima hak. Hanya namanya yang disebut sebagai pemegang hak khususnya yang boleh menggunakan hak cipta dan ia dilindungi dalam penggunaan haknya terhadap subjek lain yang menggangu atau yang menggunakannya tidak dengan cara yang diperkenankan oleh aturan hukum

Hak Terkait : Hak terkait menurut pasal 1 ayat (9) Undang-Undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002, adalah hak yang berkaitan dengan hak cipta, yaitu hak eksklusif bagi pelaku untuk memperbanyak atau menyiarkan pertunjukannya; bagi produser rekaman suara untuk memperbanyak atau menyewakan karya rekaman suara atau rekaman bunyinya; dan bagi lembaga penyiaran untuk membuat, memperbanyak, atau menyiarkan karya siarannya.

Contoh pelanggaran hak cipta : sengaja memamerkan, mengedarkan atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang-barang hasil pelanggaran hak cipta. Termasuk perbuatan pelanggaran ini antara lain penjualan buku dan VCD bajakan. Pelanggaran hak cipta ini melanggar pasal 72 ayat (2).

Penyebab terjadinya pelanggaran Hak cipta
-       pelanggaran hak cipta berkisar pada keinginan untuk mencari keuntungan
-       perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa mesin percetakan juga mendukung terlaksananya pelanggaran bidang ciptaan ml. Mesin percetakan dengan teknoiogi canggih akan menghasilkan barangbarang yang sama ataupun hampir sama dengan aslinya.
-       implementasi penegakan hukum di bidang tersebut masih Iemah
-       rendahnya tingkat pemahaman masyarakat akan arti dan fungsi hak cipta

-       Lemahnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perlindungan hak cipta
DOWNLOAD File DOC

Hastage

#HmjIlpusAr-Raniry #IlpusAcehUntukIndonesia #DivisiAdvokasi #IlpusUINAr-Raniry #DivisiHumas #IlpusAr-RaniryKece #MahasiswaIlpus #PerpustakaanAceh #IlpusKeren #MahasiswaIlpusKreatif #DivisiPengKre #PerpustakaanKeren #DivisiKesenia #IlpusForgoodlibrarian #IlpusAceh #DivisiOlahraga #IlpusAceh #DivisiIT #MahasiswaKeren #MahasiswaIlpus #InovasiIlpus #KreatifitasMahasiswaIlpus #SemangatMahasiswaIlpus #IlpusUntukAceh #AcehUntukIndonesia #IlpusKece #DivisiKeagamaan
SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

GALERI KEGIATAN HMP ILPUS

Entri Populer