Jumat, 21 Oktober 2016

Ilpus Ar-Raniry - Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Posdaya Berbasis Mesjid Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan Ilmu Perpustakaan Ar-Raniry bersama masyarakat Gampong Rukoh melakukan penanaman Manggrove untuk melestarikan lingkungan di sepanjang bantaran sungai di Dusun Meunasah Tuha, Desa Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh, Jumat (21/10/2016).

Penanaman Manggrove tersebut dilakukan mahasiswa serta masyarakat dilatar belakangi oleh rasa kepedulian atas kelestarian lingkungan untuk menjaga ekosistem alam yang semakin hari semakin memprihatinkan.

Dedi Saputra, Ketua KPM Posdaya Berbasis Mesjid UIN Ar-Raniry dalam laporannya menyampaikan bahwasanya dilakukan penanaman manggrove sejumlah 500 pohon disepanjang bantaran sungai Rukoh.

“Kami mahasiswa bersama masyarakat Rukoh akan melakukan penanaman manggrove sejumlah 500 pohon yang akan kita tanam disepanjang pinggiran bantaran sungai didesa ini. Ini merupakan salah satu program mahasiswa selama pengabdian kami berlangsung di Rukoh.”

Dedi menyampaikan sebelumnya beberapa program juga telah dan sedang dilaksanakan yaitu berkenaan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Kami juga telah membentuk kelompok usaha masyarakat yang sedang diberdayakan, meraka tersebut merupakan masyarakat dengan ekonomi lemah yang akan diberdayakan menjadi suatu kelompok usaha dengan menganut sistem manajemen yang baik sehingga dapat berkembang sesuai dengan harapan, meraka telah diberikan beberapa pelatihan berupa pelatihan manajemen keuangan keluarga, dan pelatihan berbagai jenis kue basah”.

Herri, S. STP, M. Si. selaku Sekcam Syiah Kuala dalam sambutannya sangat mengapresiasi program tersebut.

“Apresiasi kami terhadap mahasiswa UIN Ar-Raniry serta masyarakat Rukoh atas program yang sedang dilaksanakan ini, kami berharap mahasiswa dan masyarakat gampong dapat bersama-sama menjaga serta melanjutkan setiap program positif yang telah berlansung dan juga melahirkan program-program baru untuk menjaga sekaligus memajukan gampong Rukoh”.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Husna Amin, MA selaku dosen pembimbing menyampaikan bahwasanya Program KPM Posdaya Berbasis Mesjid tersebut untuk menggali potensi masyarakat.

“Program KPM Posdaya Berbasis Mesjid yang kami laksanakan di Rukoh merupakan Program untuk menggali potensi wirausaha masyarakat sehingga ekonomi masyarakat terberdaya dengan baik, program tersebut yang di selenggarakan oleh P2M UIN Ar-Raniry juga ikut serta secara tidak langsung dalam mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan di Aceh. Masayarakat kita berikan pelatihan wirausaha, seperti pelatihan manajemen keuangan, pembuatan kue, pembentukan kelompok usaha. Kelompok yang telah dibentuk akan memproduksi berbagai jenis kue yang halalan tayyiban sampai pemasaran langsung kepada konsumen. Itu semua akan kita pantau secara berkelanjutan sehingga menjadi usaha yang berkembang dengan manajemen yang tersruktur dengan baik di kemudian hari.

Kegiatan penanaman manggrove tersebut turut dihadiri oleh Herri, S. STP, M. Si. Sekcam Syiah Kuala., Dr. Husna Amin, MA, Dosen Pembimbing., Serka Zulfikar, Babinsa Koramil., Briptu Gerry Satria Famera Babinsa Polsek dan Aiptu Metrial, SH, Kasi Humas Posek Syiah Kuala ,. Kepala Desa, Harmidi, S. Pd.,  Ketua Pemuda, Para kepala Dusun Rukoh dan Masyarakat gampong Rukoh.

2 komentar:

Posting Komentar

Hastage

#HmjIlpusAr-Raniry #IlpusAcehUntukIndonesia #DivisiAdvokasi #IlpusUINAr-Raniry #DivisiHumas #IlpusAr-RaniryKece #MahasiswaIlpus #PerpustakaanAceh #IlpusKeren #MahasiswaIlpusKreatif #DivisiPengKre #PerpustakaanKeren #DivisiKesenia #IlpusForgoodlibrarian #IlpusAceh #DivisiOlahraga #IlpusAceh #DivisiIT #MahasiswaKeren #MahasiswaIlpus #InovasiIlpus #KreatifitasMahasiswaIlpus #SemangatMahasiswaIlpus #IlpusUntukAceh #AcehUntukIndonesia #IlpusKece #DivisiKeagamaan
SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

GALERI KEGIATAN HMP ILPUS

Entri Populer