Sabtu, 29 Oktober 2016

Ilpus Ar-Raniry | Semarang - Dr. Redyanto Noor, M. Hum., Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro (UNDIP) membuka kegiatan Temu Ilmiah Nasional (Telminas) Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) di Aula Universitas Diponegoro, Semarang. (27/10-16).

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari dimulai dari tanggal 27 s/d 30 Oktober 2016 dengan berbagai agenda yaitu, Gathering Keluarga HMPII, Forum Group Discussion (FGD) dan Talkshow, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Karya Poster Kreatif, dan Fieldtrip Kota Semarang.

Dalam sambutannya Redyanto Noor, menyambut dengan bangga mahasiswa Ilmu Perpustakaan se- Indonesia. "Selamat datang mahasiswa se -Indonesia di Universitas Diponegoro, dengan bangga kami menyambut mahasiswa Ilmu perpustakaan dari seluruh Indonesia yang hari ini telah berhadir di Undip". Ujarnya

Redyanto Noor mengungkapkan pepatah yang pernah didengar dari gurunya. "Membakar buku merupakan perbuatan jahat, tapi lebih jahat mahasiswa yang tidak membaca buku. Dosen yang meminjamkan buku merupakan dosen yang bodoh, namun lebih bodoh lagi mahasiswa yang mengembalikan buku. dari ke dua pepatah tadi terkandung makna yang sangat dalam, tentang bagaimana pentingnya ilmu pengetahuan."

"Ikatan Ilmu Perpustakaan Indonesia jangan kalah dari ikatan mahasiswa nasional lainnya, mari kita buat gebrakan dalam menjalankan roda pendidikan untuk mencerdaskan bangsa." Tambahnya Dekan FIB Undip tersebut.

Widia Ningsih, wakil ketua panitia dalam laporannya menyampaikan kegiatan tersebut diikuti oleh 11 universitas dari seluruh Indonesia. "Pada kegiatan ini telah berhadir 11 universitas dari masing-masing daerah, yaitu Jakarta, Bandung, Aceh, Surabaya, Malang, Makassar, Lampung, Riau, Semarang, Bengkulu, dan Jambi. pada kesempatan ini mari kita berkompetisi membawa serta mengharumkan universitas kita."

Widia menambahkan "Telminas ini merupakan suatu kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) yang kali ini diadakan oleh universitas Diponegoro. Kegiatan Telminas ini diselenggarakan selama dua tahu sekali, telminas kali ini mengangkat tema Mendidik Generasi Digital Natives Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Tema ini merupakan singkronisasi dari program pemerintah Indonesia yaitu program Gerakan Literasi Sekolah (GLS)." Ujarnya Widia
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

“TELMINAS ini merupakan program kerja dari HMPII yang dilaksanakan oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan seluruh Indonesia dan Undip didaulat sebagai tuan rumah dalam acara dwi tahunan ini. Acara ini kali keduanya diadakan setelah sebelumnya Universitas Padjajaran (Unpad) sebagai tuan rumah acara TELMINAS pertama.” Jelas Masykur Hidayatullah, salah satu panitia kegiatan tersebut.

Tujuan diadakan kegiatan ini yaitu sebagai ajang silaturahmi jurusan Ilmu Perpustakaan yang diwadahi oleh HMPII, membahas isu-isu terkini dan topik yang berkaitan dengan Ilmu Perpustkaan seperti program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yakni GLS (Gerakan Literasi Sekolah), dan mengembangkan soft skill mahasiswa di bidang menulis ilmiah dan kreasi.

“Kegiatan Temu Ilmiah ini merupakan suatu kegiatan yang sangat bagus, dimana para mahasiswa ilmu perpustakaan se - Indonesia dapat bersilaturrahmi sekaligus berkompetisi, berbagi pengalaman serta Inspirasi dan membangun relasi yang luas. Harapan kami adalah semoga Telminas ini dapat diselenggarakan secara rutin selama satu tahun sekali, mengingat manfaat yang dihasilkan dari kegiatan tersebut.” Imbuhnya Fadhallah Zacky delegasi dari Ilpus Ar-Raniry Aceh.

0 komentar:

Posting Komentar

Hastage

#HmjIlpusAr-Raniry #IlpusAcehUntukIndonesia #DivisiAdvokasi #IlpusUINAr-Raniry #DivisiHumas #IlpusAr-RaniryKece #MahasiswaIlpus #PerpustakaanAceh #IlpusKeren #MahasiswaIlpusKreatif #DivisiPengKre #PerpustakaanKeren #DivisiKesenia #IlpusForgoodlibrarian #IlpusAceh #DivisiOlahraga #IlpusAceh #DivisiIT #MahasiswaKeren #MahasiswaIlpus #InovasiIlpus #KreatifitasMahasiswaIlpus #SemangatMahasiswaIlpus #IlpusUntukAceh #AcehUntukIndonesia #IlpusKece #DivisiKeagamaan
SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

GALERI KEGIATAN HMP ILPUS

Entri Populer