Rabu, 23 November 2016

Ilpus Ar-Raniry | Banda Aceh - Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Aceh menggelar pentas empat kesenian lokal Aceh di Gedung Taman Budaya Banda Aceh pada Selasa Malam (22/11).

Pergelaran Revitalisasi Seni Yang Hampir Punah tersebut mengusung tema "Lestarikan Kesenian Aceh" dengan tujuan memunculkan kembali seni yang dianggap hampir di lupakan oleh rakyat Aceh selama ini.

Keempat seni lokal yang hampir punah tersebut adalah Sining dari Gayo, Laweut dari Banda Aceh/Aceh Besar, Landoq Sampot dari Aceh Selatan, dan Rapai Pulot Geurimpeng dari Pidie.

Prof. Dr. Endang Caturwati, dalam jumpa pers nya mengatakan pentingnya revitalisasi kembali seni lokal guna sebagai media pengembangan karakter masyarakat Aceh.

"Tarian-tarian di Aceh itu banyak yang harus diangkat kembali karena mengandung kearifan lokal dan juga memiliki nilai-nilai pengembangan karakter dan ini merupakan kekayaan dari masyarakat Aceh itu sendiri."

Kata Endang berbagai upaya telah dilakukan untuk merevitalisasikan nilai budaya lokal di Aceh untuk di munculkan kembali. Berbagi proses kita lakukan, mulai dari proses penelitian, menemui para tokoh-tokoh, budayawan dan para pelaku sebelumnya yang masih ada untuk kita lakukan diskusi-diskusi guna menggali kembali seni yang hampir di lupakan. Ungkapnya Direktur Kesenian BPNB Aceh tersebut kepada hmj.ilpus.ar-raniry.ac.id.

Sementara itu Imam Juaini mengingatkan bahwasanya kepunahan suatu seni atau nilai budaya di Aceh itu disebabkan oleh empat faktor yaitu, Konflik berkepanjangan, Kesalah pahaman tentang penampilan seni dalam kontek agama, dan kurangnya penataan, dan kurangnya panggung apresiasi bagi para penseni.Imam berharap tarian aceh harus di angkat dan ditata kembali dengan sedemikian rupa yang menyesuaikan konsep kekinian. Harapnya Imam mahasiswa UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah.

Pada kesempatan tersebut juga berhadir Dr. Bustami Abu Bakar S.Ag M.Hum yang merupakan dosen Antropologi beserta mahasiswanya Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. (MA/APK)

0 komentar:

Posting Komentar

Hastage

#HmjIlpusAr-Raniry #IlpusAcehUntukIndonesia #DivisiAdvokasi #IlpusUINAr-Raniry #DivisiHumas #IlpusAr-RaniryKece #MahasiswaIlpus #PerpustakaanAceh #IlpusKeren #MahasiswaIlpusKreatif #DivisiPengKre #PerpustakaanKeren #DivisiKesenia #IlpusForgoodlibrarian #IlpusAceh #DivisiOlahraga #IlpusAceh #DivisiIT #MahasiswaKeren #MahasiswaIlpus #InovasiIlpus #KreatifitasMahasiswaIlpus #SemangatMahasiswaIlpus #IlpusUntukAceh #AcehUntukIndonesia #IlpusKece #DivisiKeagamaan
SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

GALERI KEGIATAN HMP ILPUS

Entri Populer