Jumat, 23 Desember 2016

Ilpus Ar-Raniry- Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry mengikuti Kuliah Umum dalam rangka Peningkatan Kapasitas Pelayanan di UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala, Jumat pagi. (23/12)

Kegiatan yang mengusung tema “Customer Focus dalam Pengembangan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001) Perpustakaan”. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu ruangan kuliah di bagian gedung perpustakaan induk kampus tersebut.

Kepala UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala,  Dr. Taufiq Abdul Gani, S.Kom, M. Eng, Sc., sangat mengapresiasi kuliah umum yang diadakan oleh dosen mata kuliah Jasa Pelayanan Perpustakaan, yang diasuh oleh Zikrayanti, M.LIS.

“Mahasiswa memang harus dibekali dengan ilmu-ilmu lain yang diperoleh di luar ruang kuliah, sehingga ilmu yang didapatkan lebih bervariasi. Mereka juga harus memperoleh ilmu langsung dari praktisi di perpustakaan, karena seringkali ilmu yang diperoleh di dalam teori sangat berbeda dengan di lapangan,” ucap Kepala UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala, Taufiq sekaligus pemateri dalam kegiatan tersebut.

Ia juga mengharapkan agar mahasiswa ilmu perpustakaan kedepannya dapat mempunyai kompetensi yang sangat baik sebagai seorang pustakawan,

“Pustakawan kedepannya harus bisa melihat perubahan lifestyle, perilaku maupun teknologi bagi pemustaka, sehingga bisa menyesuaikan antara perpustakaan dengan pemustaka.” Tandasnya.

Kegiatan kunjungan perpustakaan yang merupakan bagian dari mata kuliah Jasa Pelayanan Perpustakaan yang diasuh oleh alumni ilmu perpustakaan tersebut diikuti hampir seluruh mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan leting 2014. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut terlihat antusias dan kompak dengan mengenakan pakaian pink-hitam bagi mahasiswi dan pakaian hitam bagi mahasiswa.

Seorang pustakawan di Perpustakaan Unsyiah
sedang menjelaskan berbagai fasiltas yang terdapat diperpustakaan tersebut
Kuliah umum tersebut merupakan agenda yang rutin diadakan bagi mahasiswa Prodi D-III Ilmu Perpustakaan oleh Zikrayanti selaku dosen mata kuliah Jasa Pelayanan Perpustakaan dan merupakan kegiatan perdana bagi mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan. Menurutnya belajar aktif bukan hanya belajar dengan cara “learning by listening” akan tetapi belajar dengan cara mempelajari teori yang diikuti dengan praktek di lapangan serta belajar dari pengalaman orang lain, oleh sebab itulah  ia memberikan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswinya untuk berkunjung ke perpustakaan lain di luar lingkungan kampus UIN Ar-Raniry dan belajar banyak hal disana.

Zikrayanti juga mengatakan bahwa tujuan dari kuliah umum tersebut adalah untuk membuka cakrawala mahasiswa supaya lebih mengerti seperti apa dunia kerja yang akan mereka geluti kedepannya. “Ini adalah era global, kita harus mempunyai pola pikir yang sejalan dengan zaman seperti sekarang ini agar apa yang kita lakukan kedepannya nanti selaras dengan perkembangan zaman.” ujarnya.

“Semua mahasiswa ilmu perpustakaan harus dapat mempelajari banyak hal dari pengalaman orang lain. Pustakwan harus mempunyai sikap dan pemikiran yang sesuai dengan zaman  agar tidak ketinggalan sesuatu dari perkembangan zaman,” harap Zikrayanti,

Reza Sahputra yang merupakan salah seorang mahasiswa ilmu perpustakaan yang hadir di acara itu mengungkapkan rasa terimakasih terhadap kunjungan ke perpustakaan di luar kampus UIN Ar-Raniry kali ini. “ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa, karena kita belajar di luar ruang kelas dan melihat langsung bagaimana aktifitas di perpustakaan secara langsung, selain itu sesama mahasiswa ilmu perpustakaan dapat saling bersilaturrahmi.” ujarnya.

[NurAnisah/APK]

0 komentar:

Posting Komentar

Hastage

#HmjIlpusAr-Raniry #IlpusAcehUntukIndonesia #DivisiAdvokasi #IlpusUINAr-Raniry #DivisiHumas #IlpusAr-RaniryKece #MahasiswaIlpus #PerpustakaanAceh #IlpusKeren #MahasiswaIlpusKreatif #DivisiPengKre #PerpustakaanKeren #DivisiKesenia #IlpusForgoodlibrarian #IlpusAceh #DivisiOlahraga #IlpusAceh #DivisiIT #MahasiswaKeren #MahasiswaIlpus #InovasiIlpus #KreatifitasMahasiswaIlpus #SemangatMahasiswaIlpus #IlpusUntukAceh #AcehUntukIndonesia #IlpusKece #DivisiKeagamaan
SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

GALERI KEGIATAN HMP ILPUS

Entri Populer