Selasa, 17 Januari 2017

Ilpus Ar-Raniry - Mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) S1 Ilmu Perpustakaan bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) di Gampong Kuta Trieng, Kemukiman Beuracan, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya Aceh.

Pembuatan TBM merupakan serangkaian kegiatan dari aksi kemanusiaan HMP Ilpus Peduli Pidie Jaya jilid III yang dilaksanakan tanggal 14-17 Januari 2017. Menurut keterangan M. Agam Zakie A. selaku ketua koordinator.


Jelas Agam, Kegiatan tersebut bertujuan untuk menggerakkan literasi bagi masyarakat desa, khususnya bagi anak-anak agar meningkatnya budaya baca sehingga dapat turut serta membantu mencerdaskan anak-anak desa dan masyarakat di sekitarnya. 




Ketua HMP Ilpus Ar-Raniry, Fadhallah Zacky mengatakan bahwasanya anak-anak desa seharusnya bisa lebih cerdas jika waktu luangnya di luar pendidikan formal di sekolah dimanfaatkan untuk membaca. 

“Pada kesempatan ini HMP Ilpus Ar-Raniry bekerjasama dengan IPI Aceh telah mendirikan sebuah Taman Baca Masyarakat (TBM) di Desa Kuta Trieng guna dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat sekitar. Lewat TBM ini, mari kita rubah kebiasaan negatif anak, remaja dan dewasa untuk dapat meningkatkan minat baca, karena dari membaca menentukan karakter anak bangsa yang cerdas kedepannya,” kata Fadhal dalam siaran persnya, Rabu (18/01/2017).


Fadhal berharap agar TMB tersebut dapat dirawat dan dikelola secara bersama agar menjadi aset desa yang mencerdaskan masyarakatnya, dan semoga menjadi perhatian Perpustakaan Kabupaten Pidie Jaya, IPI Aceh dan tentunya Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh kedepannya. 


"Kami HMP Ilpus Ar-Raniry juga menyampaikan terimakasih atas kerjasamanya terhadap IPI Aceh, Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, SMAN 3 Tapung Riau dan semua para relawan yang telah mewujudkannya TBM ini, semoga TBM ini dapat bermanfaat bagi semua." Tambahnya Fadhal



Bakhtiar, Kepala Desa Kuta Trieng melalui, Sekretaris Desa, Tgk Bukhari mengucapkan terimakasih kepada HMP S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry yang telah berkontribusi dalam terwujudnya TBM ini. 

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas terwujudnya Taman Baca di desa kami, dan telah memilih desa kami sebagai sasaran atas didirikannya Taman Baca ini. Namun kami sebagai masyarakat desa tidak mengetahui bagaimana caranya untuk mengelola perpustakaan sebagaimana mestinya. Jadi kami memohon kepada tim relawan Ilpus Ar-Raniry untuk terus membimbing kami dalam menjalankan Taman baca ini." ujar Tgk. bukhari. 


Sementara itu, Arkian SSos selaku Ketua IPI Aceh berharap agar TBM tersebut terus berkembang.“Kami berharap agar TBM ini dapat dikelola secara maksimal sehingga terus berkembang menjadi satu perpustakaan desayang memiliki koleksi yang lengkap sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat dari adanya perpustakaan tersebut, karena tujuan dari kemerdekaan bukan hanya merdeka dari jajahan kolonial namun kita juga merdeka dari kebodohan. Hal tersebut akan kita peroleh dari rajinnya kita membaca buku," paparnya.


Arkian menambahkan pihaknnya dan pihak yang terlibat dalam pembentukan TBM ini akan menjadikan TMB ini sebagai prioritasnya baik dalam pengembangan SDM, maupun sarana dan prasarana.


[Nurannisa/APK]

1 komentar:

SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

Entri Populer