Sabtu, 18 Maret 2017

H-2 Pelita, HMP Ilpus Memperlombakan Storytelling dan Mewarnai di SD negeri 69 Banda Aceh

Opering ceremony, Lomba Mewarnai dan Lomba bercerita
di SDN 69 Banda Aceh
Ilpus Ar-Raniry- Himpunan Mahasiswa Jurusan S1-Ilmu Perpustakaan (HMJ S1-IP) UIN Ar-Raniry kembali mengadakan kegiatan Belajar Ceria Bersama Ilpus Ar-Raniry dalam agenda Pekan Literasi Informasi dan Teknologi Mahasiswa (PELITA) yang bertempat di SDN 69 Banda Aceh, Sabtu (18/03).

Belajar bermain ceria yang yang mengusung tema “Berjuta Warna dalam Berekspresi, Mewujudkan Anak yang Berprestasi” untuk lomba mewarnai dan lomba Storytelling yang bertemakan “ Berjuta Cerita dalam Berekspresi, Mewujudkan Anak yang Berprestasi” sebagai salah satu kegiatan yang diperlombakan dalam Pelita 2 yang ditujukan kepada anak-anak sekolah dasar.

Kepala SD Negeri 69, Bapak Mustafa S.Pd i sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh HMJ Ilmu Perpustakaan tersebut, murid-murid dapat mengekspresikan dirinya melalui cerita-cerita rakyat dan dapat mengembangkan kreatifitas dirinya sendiri.

“Murid-murid kita disini sangat suka bercerita, beberapa diantaranya sangat suka bercerita saat guru menjelaskan pelajaran di kelas. Dengan adanya lomba bercerita seperti ini, maka murid-murid dapat bercerita dan meraih prestasi seperti yang diharapkan oleh para panitia HMJ Ilpus Ar-Raniry.” Jelas beliau di pembukaan acara.

Bercerita yang merupakan budaya masyarakat yang telah ada sejak zaman dahulu diterapkan oleh para orang tua sebagai dongeng menjelang tidur sekaligus sebagai media ajar dalam penerapan nilai-nilai moral dan budaya yang bagus untuk kehidupan mereka, dengan adanya bercerita seperti ini maka anak-anak dapat lebih mudah dalam mengekspresikan diri mereka untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan mereka, seperti yang dijelaskan oleh ketua HMJ S1-Ilmu Perpustakaan, Fadhallah di sela-sela acara tersebut.

“Sejauh ini, agenda-agenda yang ada di Pelita 2 sasarannya kepada murid sekolah, dari SD, SMP dan SMA serta masyarakat pada umumnya dan kepada mahasiswa pada khususnya. Berbicara mengenai storytelling yang dulunya diterapkan oleh orangtua, sekarang ini justru tergantikan oleh gadget dan media televisi sehingga nilai-nilai budaya yang ada telah tergeser karena pengaruh  didikan orang tua. Dengan kehadiran Pelita khususnya lomba bercerita diharapkan ekspresi anak-anak akan muncul dan otomatis akan menumbuhkan kader-kader yang cerdas dan berani untuk mewujudkan ide-ide mereka.” Tuturnya.

Kegiatan yang ditujukan untuk anak-anak sekolah dasar tersebut terdiri dari lomba mewarnai dan lomba storytelling (bercerita) tentang kisah-kisah budaya masyarakat Aceh. Dengan lomba-lomba yang diadakan tersebut maka diharapkan agar anak-anak tumbuh minat dan kecintaan dalam ilmu pengetahuan, sehingga dapat menggerakkan generasi digital di sekolah-sekolah.

Sebelumya kegiatan serupa juga pernah dilakukan di beberapa desa di Kabupaten Pidie Jaya dalam rangka bermain dan belajar ceria bersama korban gempa yang melanda di Pidie Jaya Desember silam. Sejauh ini Pekan Literasi Informasi dan Teknologi Mahasiswa HMJ Ilpus Ar-Raniry telah berjalan pertama kalinya pada tahun 2015 dimasa kepengurusan sebelumnya. Pada masa kepemimpinan Fadhallah sekaran ini, Pelita 2 akan di laksanakan dengan berbagai kegiatan dengan tujuan untuk menumbuhkan gerakan literasi bagi semua masyarakat pada umumnya dan bagi mahasiswa pada khususnya.

Pelita 2 akan dibuka di Aula Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Senin mendatang (20/03). Kegiatan tersebut akan berlangsung selama seminggu dengan berbagai acara seperti workshop pengolahan bahan pustaka, workshop teknologi, aneka lomba yang dapat meningkatkan literasi dan expo serta bakti sosial yang dilakukan di perpustakaan desa Blangkrueng, Aceh Besar dan taman baca masyarakat di desa Kuta Trieng, Pidie Jaya. Selain itu HMP Ilpus juga akan berkunjung ke perpustakaan tertua di Asia Tenggara yaitu perpustakaan Tanoh Abee yang terletak di Seulimum, Aceh Besar sebagai salah satu agenda dari Pelita 2 ini. 


Semoga dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh segenap panitia dan mahasiswa Ilmu Perpustakaan tersebut akan berjalan dengan lancar dan dapat memberikan hasil bagi semua orang. Amin.(NurAnisah/APK).   

0 komentar:

Posting Komentar

Hastage

#HmjIlpusAr-Raniry #IlpusAcehUntukIndonesia #DivisiAdvokasi #IlpusUINAr-Raniry #DivisiHumas #IlpusAr-RaniryKece #MahasiswaIlpus #PerpustakaanAceh #IlpusKeren #MahasiswaIlpusKreatif #DivisiPengKre #PerpustakaanKeren #DivisiKesenia #IlpusForgoodlibrarian #IlpusAceh #DivisiOlahraga #IlpusAceh #DivisiIT #MahasiswaKeren #MahasiswaIlpus #InovasiIlpus #KreatifitasMahasiswaIlpus #SemangatMahasiswaIlpus #IlpusUntukAceh #AcehUntukIndonesia #IlpusKece #DivisiKeagamaan
SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

GALERI KEGIATAN HMP ILPUS

Entri Populer