Rabu, 22 Maret 2017



Ilpus Ar-Raniry- Pekan Literasi Informasi dan Teknologi Mahasiswa (PELITA)  yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Perpustakaan menyelenggarakan workshop Manajement Pengolahan Bahan Pustaka bagi pustakawan yang berada di wilayah Banda Aceh dan mahasiswa jurusan Ilmu Pengetahuan UIN Ar-Raniry.

Pelatihan Manajemen Pengolahan Bahan Pustaka yang telah dimulai sejak Senin (20/03) kemarin dilanjutkan sampai hari Selasa (21/03) ini. Berbagai pelatihan yang ditujukan bagi mahasiswa dan pustakawan berupa pelatihan inventaris koleksi perpustakaan, pelatihan katalogisasi dan pelatihan klassifikasi sehingga dapat memudahkan proses pengolahan bahan pustaka bagi pustakawan dan mahasiswa yang akan berkecimpung di dunia perpustakaan kedepannya.

Dalam kegiatan tersebut, HMJ Ilmu Perpustakaan menghadirkan berbagai pemateri yang telah dikenal expert dalam bidangnya, seperti Ibu Yusrawati,S.Pd, S.IPI, M.IP yang ahli dalam menginvertaris bahan pustaka, Bapak Suherman, S.Ag., S.IP., M.Ec yang ahli di bidang klassifikasi bahan pustaka dan Bapak Abdul Manar, S.Ag., S.IP., M.Lis dalam pengkatalogan koleksi di perpustakaan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa beberapa perpustakaan Aceh digandrungi oleh pustakawan yang bukan alumni dari jurusan Ilmu Perpustakaan, ilmu yang mereka terapkan di perpustakaan biasanya diperoleh dari buku-buku yang mereka pelajari sendiri dan ada juga yang mengikuti pelatihan-pelatihan di luar sehingga mereka bisa mengelola perpustakaan seperti pustakawan pada umumnya.

Melihat kondisi yang demikian, maka Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Perpustakaan mengadakan pelatihan-pelatihan kepustakawanan seperti ini agar para pustakawan yang non-alumni ilmu perpustakaan juga mempunyai keahlian dalam mengelola bahan pustaka sehingga koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan dapat diterima dengan baik oleh pemustakanya.

Selain workshop pengolahan bahan pustaka yang diadakan selama dua hari, beberapa workshop teknologi juga diselenggarakan di hari selanjutnya bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Beberapa workshop yang diadakan, antara lain pelatihan jurnalistik dan pelatihan design grafis. Pelatihan teknologi semacam ini yang diadakan bertujuan untuk menambah skill dalam hal mengedit grafis dan menambah pengetahuan dalam dunia menulis bagi masyarakat pada umumnya dan bagi mahasiswa pada khususnya.

Kemampuan design grafis merupakan hal yang sangat jarang di dapatkan dari mahasiswa, padahal dari segi manfaatnya sangat banyak hal yang bisa didapatkan seperti mendesign spanduk, poster dan media publikasi lainnya untuk sebagai alat promosi, selain itu kemampuan dalam mendesign merupakan skill yang cukup diperhitungkan dalam dunia kerja nantinya. Di samping pelatihan design grafis, ada pula pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk mengasah tulisan mereka dan mereka mempunyai keberanian untuk mempublish­-kan karya yang mereka tulis.

Pelita 2 yang diadakan oleh HMJ Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry yang dari nama Pelita itu mengandung filosofi cahaya, harapan dan ketentraman dapat diharapkan memberikan manfaat bagi semua orang yang ikut berpartisipasi di dalamnya. Semoga ilmu pengetahuan yang diperoleh dari Pelita 2 ini dapat terus menyebar dan memberikan kebaikan bagi semua orang. (NurAnisah/APK)

0 komentar:

Posting Komentar

Hastage

#HmjIlpusAr-Raniry #IlpusAcehUntukIndonesia #DivisiAdvokasi #IlpusUINAr-Raniry #DivisiHumas #IlpusAr-RaniryKece #MahasiswaIlpus #PerpustakaanAceh #IlpusKeren #MahasiswaIlpusKreatif #DivisiPengKre #PerpustakaanKeren #DivisiKesenia #IlpusForgoodlibrarian #IlpusAceh #DivisiOlahraga #IlpusAceh #DivisiIT #MahasiswaKeren #MahasiswaIlpus #InovasiIlpus #KreatifitasMahasiswaIlpus #SemangatMahasiswaIlpus #IlpusUntukAceh #AcehUntukIndonesia #IlpusKece #DivisiKeagamaan
SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

GALERI KEGIATAN HMP ILPUS

Entri Populer