Rabu, 22 Maret 2017

Pekan Literasi Teknologi dan Informasi Mahasiswa 2017 Resmi diBuka

FAH-ARRANIRY l Pekan Literasi Teknologi dan Informasi Mahasiswa (PELITA) ke II yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry secara resmi dibuka pada Senin, 20 Maret 2017 di ruang Aula Mini Fakultas kampus setempat.
Kegiatan tersebut akan berlangsung dari tanggal 20-27 Maret yang dipusatkan di Fakultas Adab dan Humaniora, UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan ICT Center UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Pembukaan PELITA tahun 2017 yang mengusung tema “Gerakan Literasi yang Mencerdaskan Anak Bangsa” dirangkai dengan Seminar Inspiratif oleh Pustakawan terbaik nasional, Nazaruddin, M.LIS.
Ketua umum HMP Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Fadhallah mengatakan kegiatan PELITA-II ini akan berlangsung selama sepekan dengan berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan oleh panitia, secara khusus fokus pada pengembangan skill dan keterampilan pengelolaan perpustakaan.
Sementara itu, secara terpisah Reza Sahputra selaku ketua pelaksana menyebutkan, pihaknya menggelar beberapa kegiatan seperti perlombaan dan pelatihan. Ada delapan lomba yang dibuat, diantaranya lomba buat poster, fotografi, rangking 1, cipta puisi, dan menulis essay.
“Selama sepekan kita akan menggelar berbagai workshop untuk peningkatan soft skill mahasiswa, pustakawan dan pengelola perpustakaan diantaranya, workshop kepustakawanan, Pelatihan manajemen pengelolaan perpustakaan, Pelatihan automasi perpustakaan, pelatihan jurnalistik, dan juga desain grafis”,kata Reza saat ditemui disela-sela kegiatan berlangsung, Senin (20/3).
Selain itu kata dia, pada PELITA ke II ini akan dilakukan kegiatan revitalisasi perpustakaan yang dipusatkan di gampong Blang Krueng, Aceh Besar dan gampong Kuta Trieng, Pidie Jaya, roadshow wisata perpustakaan ke perpustakaan kuno tanoh Abe, Aceh Besar serta kegiatan Book Fair dan kegiatan kemanusiaan lainnya seperti donor darah.
Sementara itu, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Syarifuddin, MA.,Ph.D yang diwakili oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Drs. Nasruddin AS, M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa kita harus melek dan sadar terhadap informasi dan kita selaku pengelola informasi harus terus meningkatkan soft skill dan terus berinovasi.
“Dunia yang semakin tidak bertepi, kita tidak tahu lagi batas dunia. Dengan adanya informasi-informasi saat ini bisa dicapai dalam hitungan detik, maka kita harus melek dengan perkembangan teknologi dan informasi”,kata Nasruddin saat  memberi arahan sekaligus membuka acara PELITA ke II, Senin (20/3) di Aula FAH.
Hal senada, juga disampaikan oleh Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Zubaidah, M.Ed, Bahwa pelatihan soft skill untuk mahasiswa, pustakawan dan pengelola perpustakaan merupakan dasar atau pondasi bagi seseorang untuk dapat mengembangkan diri dan mengaktualisasi setiap potensi dan keterampilan yang dimilik. [Arkin Kisaran]

(sc: http://www.ar-raniry.ac.id)

0 komentar:

Posting Komentar

Hastage

#HmjIlpusAr-Raniry #IlpusAcehUntukIndonesia #DivisiAdvokasi #IlpusUINAr-Raniry #DivisiHumas #IlpusAr-RaniryKece #MahasiswaIlpus #PerpustakaanAceh #IlpusKeren #MahasiswaIlpusKreatif #DivisiPengKre #PerpustakaanKeren #DivisiKesenia #IlpusForgoodlibrarian #IlpusAceh #DivisiOlahraga #IlpusAceh #DivisiIT #MahasiswaKeren #MahasiswaIlpus #InovasiIlpus #KreatifitasMahasiswaIlpus #SemangatMahasiswaIlpus #IlpusUntukAceh #AcehUntukIndonesia #IlpusKece #DivisiKeagamaan
SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

GALERI KEGIATAN HMP ILPUS

Entri Populer