Kamis, 02 Maret 2017


HMP S1 Ilmu Perpustakaan mengadakan kegiatan akbar di penghujung kepengurusannya, yaitu PELITA 2. Pelita itu sendiri merupakan akronim dari Pekan Literasi Informasi dan Teknologi Mahasiswa. Event tiap masa periode kepengurusan tersebut pertama kalinya dilakukan pada tahun 2015 pada masa pimpinan Cutkak Khaira Mulia, S.IP.


Event PELITA sendiri mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang dikhususkan bagi mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry dan masyarakat umum yang berkecimpung didunia perpustakaan yang ingin mengembangkan profesionalitas mereka dalam pengembangan perpustakaan.

Kegiatan yang dilakukan di dalam PELITA-2 sangat beragam, seperti Workshop Manajemen Bahan Pustaka, Pelatihan Umum ( Blogging, Jurnalistik dan Design Grafis), aneka lomba ( Poster, Fotografi, Puisi, Karya Tulis Ilmiah) dan berbagai kegiatan lainnya.

Tak ketinggalan, lomba mewarnai dan storytelling juga dilakukan di sekolah-sekolah sebagai kegiatan yang dapat menumbuhkan minat baca siswa terhadap ilmu pengetahuan. dan  bakti sosial yang dilakukan di desa-desa dalam rangka berbenah perpustakaan desa sekaligus sebagai ajang untuk mempromosikan jurusan Ilmu Perpustakaan bagi masyarakat pada umumnya.

Dengan beragam kegiatan yang dilakukan dengan harapan agar mahasiswa Ilmu Perpustakaan sendiri mencintai jurusan mereka dan bersemangat dalam menekuni bidang ilmu yang mereka geluti sekarang ini, sehingga mereka akan menjadi generasi yang cinta pada ilmu pengetahuan sekaligus dapat menggerakkan literasi pada masyarakat disekitarnya. Sebagaimana hadis Nabi Saw., “Sebaik-baik manusia adalah manusia yang memberikan manfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.”











(Nur Anisah)

0 komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

Entri Populer