Selasa, 03 Mei 2016

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.
 
Nah,yang kita bahas disini jalur seleksi yang ke dua yaitu UM-PTKIN.Bagi kawan2 yang punya keluarga yang mungkin masih bingung,baca aja selengkapnya di http://um-ptkin.ac.id/front.php?page=informasi .

A. Persyaratan Siswa
  1. Lulus tahun 2014, 2015 dan 2016 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2014 dan 2015 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2016 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan ditandai cap madrasah/sekolah.
  2. Ijazah Asli / legalisir atau Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
B. Jadwal Pelaksanaan
    Pendaftaran ; 1 Mei - 3 Juni 2016
    Ujian ; 14 - 15 Juni 2016
    Pengumuman ; 18 Juli 2016
C. Biaya Pendaftaran
    Biaya pendaftaran yang ditanggung peserta sebesar Rp. 150.000 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
D. Alur Pendaftaran
  1. Peserta membayar biaya pendaftaran di Bank BNI dan mendapat bukti pembayaran yang berisi UserID dan Password. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  2. Mendaftar secara online dengan mengisi biodata serta wajib upload pasfoto peserta hingga cetak Kartu Tanda Peserta di laman http://www.um-ptkin.ac.id/ 
  3. Mengikuti ujian masuk di lokasi PTKIN yang telah dipilih.
SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

Entri Populer