Sabtu, 03 September 2016

Ilpus Ar-Raniry – Sebanyak 87 orang mahasiswa prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jum’at (2/9/2016) dibekali pelatihan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS di LAB Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Pelatihan yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester VII (tujuh) yang akan melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) yang diselenggarakan oleh Prodi S1 Ilmu Perpustakaan bekerja sama dengan Aceh Library Consultant (ALC) turut menghadirkan pemateri sekaligus instruktur dari kalangan alumni masing-masing, Arkin, S.IP, Wandi Syahputra,S.IP dan Muhammad Zulkifli.

Ketua prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Zubaidah, M.Ed mengatakan kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk tanggungjawab prodi untuk pembekalan mahasiswa yang akan mengikuti praktek kerja lapangan (PKL/Magang). Mereka nantinya akan ditempatkan dibeberapa perpustakaan di kota Banda Aceh dan Aceh Besar selama 2 bulan lebih terhitung 6 September hingga 7 Nopember 2016.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta pembekalan kepada mahasisa yang akan mengikuti magang, sehingga nantinya ilmu yang mereka dapatkan dapat diaplikasikan di tempat magang untuk pengembangan perpustakaan digital”,kata Zubaidah, Jum’at (2/9).

Lebih lanjut, ia berharap semoga kehadiran mahasiswa bisa membuat suatu terobosan baru, terutama yang berhubungan dengan dunia perpustakaan seperti integrasi sistem manual ke otomasi.

“Sebelumnya mereka juga kita bekali tentang berbagai materi yang berkaitan dengan magang seperti, tahapan dan indikator penilaian mahasiswa magang oleh ketua prodi dan materi How to be a good ‘Library Manager’ oleh Nurhayati Ali Hasan, M.LIS dan membangun otomasi perpustakaan oleh arkin”,katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

Entri Populer