Minggu, 04 September 2016

Ilpus Ar-Raniry – UPT. Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar Workshop Peningkatan Pelayanan Perpustakaan dan Pengembangan Repositori di Ruang Meeting Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Minggu (4/09/2016).

Workshop tersebut menghadirkan langsung Praktisi IT Perpustakaan yaitu Dwi Fajar Saputra, S. Sos dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta.

Dalam sambutannya Drs. Khatib A. Latief, M. LIS mengatakan bahwasanya Perpustakaan UIN Ar-Raniry sedang berusaha melakukan pengembangan di bidang IT.

“Perpustakaan UIN Ar-Raniry akan menjadi Perpustakaan yang memiliki resource yang unik yang mampu melestarikan hasil intelektual para akademisi dalam bentuk digital dan dari segi penelusurannya lebih praktis, jadi siap atau tidak, Sumber Daya Manusia (SDM) kita harus mampu menyeimbangi hal tersebut.” Ujarnya Bpk Khatib A. Latief selaku Kepala UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry.

Dwi Fajar Saputra, S.Sos dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwasanya Pengembangan Repositori sangat penting dilakukan oleh suatu perpustakaan universitas.

“Pada suatu Perpustakaan Universitas penting dilakukannya Pengadaan serta Pengembangan Repositori, karena Repositori itu sendiri adalah kemajuan zaman yang tidak dapat dielakkan, melalui Repositori kita dapat melestarikan hasil intelektual para akademisi dan dalam hal penelusuran serta penggunaan lebih praktis. Suatu Universitas yang melakukan pengembangan Repositori akan sangat berdampak pula kepada citra universitas itu sendiri dalam menyediakan koleksi digital dan mudah dalam hal penelusurannya, dan juga akan berdampak pada peningkatan akeriditasi suatu universitas." Ujarnya Dwi yang akrab disapa Pak Duduk.  

Workshop tersebut diikuti oleh seluruh staff UPT. Perpustakaan, staff Taman Baca setiap Fakultas yang tersebar di UIN Ar-Raniry dan mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. (Azan.CB)

0 komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

Entri Populer