Kamis, 10 November 2016

Pohon kelapa Simeulue, adakah menjadi prioritas pemerintah kedepan?

Oleh:
Al Azhab / Sinabang, 10 November 2016
Mahasiswa Ilpus Ar-Raniry

Ilustrasi Safariku.com

Pulau Simeulue merupakan pulau penghasil buah kelapa terbesar di bagian pantai barat selatan Provinsi Aceh, selain pulau terluar pulau ini juga dikategorikan pulau yang masih jauh tertinggal disegala bidang. Hal ini dibuktikan dengan masih mendatangkan kebutuhan pangan dari daratan Aceh.

Pulau Simeulue yang dikelilingi oleh pohon kelapa yang mejulang tinggi di sekitar pantai bahkan hampir kesuluran daerah pinggir pulau Simeulue, ada keunikan tersendiri tentang pohon kelapa di Simeulue yang hidup dengan sendirinya tanpa harus ditanami oleh masyarakat setempat, namun umur pohon kelapa yang sudah mencapai puluhan bahkan ratusan tahun tentu akan bedampak pada produksi buah yang kurang maksimal, hal ini juga pohon kelapa yang terlalu tinggi akan sangat sulit untuk dipetik buahnya.


Beberapa tahun yang lalu pemerintah Kabupaten Simeulue mendirikan pabrik penggiling tepung kelapa, yang berada di Desa Alus-Alus Kecamatan Teupah Selatan, kebutuhan akan buah kelapa untuk pabrik ini bisa dibilang selalu tidak mencukupi sehingga ada penambahan buah kelapa dari daratan yang didatangkan. Disamping itu, harga kelapa yang mencapai 2.500 bahkan 3.000 perbutirnya tentu akan menjadi sebuah peluang usaha yang dapat membantu masyarakat terutama bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Saya selaku masyarakat Simeulue menaruh harapan besar pada pemerintah Kabupaten Simeulue supaya kedepan sektor pertanian dibidang kelapa ini agar menjadi program prioritas utama dalam menggalakkan penanaman kembali pohon kelapa supaya ada regenerasi ulang pohon kelapa sehingga buah kelapa tetap bisa menjadi andalan utama guna meningkatkan taraf ekonomi pada masyarakat.

1 komentar:

  1. maaf bg mau tanya sedikit, bagaimana caranya mengirim opini ke pihak HMJ Ilpus Arraniry? supaya bisa di publikasikan, mungkin ini adalah sebuah wahana baru yang bermanfaat bagi mahasiswa Ilpus, setelah tulisan opini mereka di tolak dari pihak Tribun Serambi Aceh.

    BalasHapus

SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

Entri Populer