Sabtu, 24 September 2016

Ilpus Ar-Raniry - Dinas pendidikan Kabupaten Aceh Besar menggelar diklat perpustakaan dan Laboratorium IPA di Aula SMPN 3 Unggul Ingin Jaya. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kadis Pendidikan Aceh Besar, Drs. Razali Hamzah yang berlangsung selama 4 hari, 24 - 27 September 2016.

Pelatihan yang diprakarsai oleh kelompok Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se Aceh Besar yang diperuntukkan untuk pengelola dan pustakawan sekolah tingkat SMP se Aceh Besar menghadirkan pemateri dan instruktur dari dosen dan alumni prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, masing-masing Nazaruddin, M.LIS, Muslina, M.LIS, Yusran, S.Pd,.M.Pd dan Arkin, S.IP.

Dalam sambutannya, Kadis Pendidikan Kabupaten Aceh Besar, Drs. Razali Hamzah berharap semoga melalui pelatihan ini para peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk mengelola perpustakaan dan laboratorium sesuai dengan standar.

“Setelah kegiatan ini, diharapkan para peserta mengimplementasikan manajemen perpustakaan yang lebih profesional. Perpustakan dan laboratorium dapat dikelola dengan baik, guru yang diperbantukan di perpustakaan yang sebelumnya kurang mengerti dengan tugasnya, sehingga setelah kegiatan ini ilmu-ilmu yang diperoleh selama pelatihan dapat diaplikasikan”,kata Razali saat memberi sambutan sekaligus membuka acara diklat perpustakaan dan laboratorium IPA, di Aula SMPN 3 Unggul Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu (24/9).

Markhayani,S.Pd selaku koordinator kelompok Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se Aceh Besar mengatakan, selama 4 hari peserta dibekali keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan. Adapun materi-materi pelatihan yaitu, manajemen perpustakaan sekolah, pelayanan perpustakaan, pengolahan bahan pustaka (Inventaris, klasifikasi, katalogisasi), pengembangan koleksi, dan teknologi informasi di perpustakaan (membangun otomasi perpustakaan sekolah.

“Sebanyak 46 peserta yang berasal dari pengelola dan guru pustakawan tingkat SMP se Aceh Besar dibekali dengan berbagai keterampilan teknis, dan juga dihari terkahir mereka dibekali dengan pelatihan otomasi perpustakaan berbasis SLiMS oleh para relawan Aceh Library Consultant”,katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan kegiatan diklat perpustakaan dan laboratorium IPA bertujuan untuk terwujudnya tenaga laboratorium dan pustakawan yang professional serta untuk meningkatkan kompetensi pustakawan dan tenaga lap IPA.

“Kegiatan diklat ini sebagai tanggungjawab dan bentuk kepeduliaan MKKS terhadap pendidikan, khususnya dalam melatih tenaga kependidikan seperti pengelola perpustakaan dan laboratorium”,katanya

Dalam kesempatan tersebut sebanyak 70 peserta juga dilatih dan dibekali tentang teknis pengelolaan laboratorium IPA yang dipeuntukkan untuk guru-guru sekolah.(Rel)

0 komentar:

Posting Komentar

Hastage

#HmjIlpusAr-Raniry #IlpusAcehUntukIndonesia #DivisiAdvokasi #IlpusUINAr-Raniry #DivisiHumas #IlpusAr-RaniryKece #MahasiswaIlpus #PerpustakaanAceh #IlpusKeren #MahasiswaIlpusKreatif #DivisiPengKre #PerpustakaanKeren #DivisiKesenia #IlpusForgoodlibrarian #IlpusAceh #DivisiOlahraga #IlpusAceh #DivisiIT #MahasiswaKeren #MahasiswaIlpus #InovasiIlpus #KreatifitasMahasiswaIlpus #SemangatMahasiswaIlpus #IlpusUntukAceh #AcehUntukIndonesia #IlpusKece #DivisiKeagamaan
SELAMAT DATANG DI WEBSITE HMJ ILMU PERPUSTAKAAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Artikel Perpustakaan

GALERI KEGIATAN HMP ILPUS

Entri Populer